Jumat, 27 Februari 2015

Alat-alat canggih Doraemon yang sudah ada di Dunia Nyata




Siapa sih yang gak kenal tokoh kartun Doraemon ? Robot kucing lucu yang berasal dari masa depan ? ia memiliki kantong ajaib berisi banyak alat-alat canggih dari masa depan, diceritakan doraemon hidup di tengah-tengah keluarga Nobita yang harmonis dengan ibunya yang galak, disini Doraemon selalu membantu menyelesaikan masalah-masalah Nobita dengan alat-alat canggihnya, selain itu petualangan bersamaa teman-temannya yaitu Nobita, Sizuka, Giant dan Sune yang membuat serial ini begitu seru dan menghibur. Serial manga yang diciptakan oleh Fujiko F Fujio tahun 1969 ini masih sering ditayangkan hingga sekarang, kartun ini mulai masuk ke Indonesia sekitar era 90’an dengan Ibu Nurhasanah sebagai Dubber Doraemon yang memiliki suara serak yang khas dan tak tergantikan. Menyebut nama Doremon tentu tidak bisa lepas dari alat-alat canggih yang dikeluarkannya dari kantong ajaib diperut bulatnya itu untuk membantu masalah-masalah di kehidupan Nobita. Fujiko F Fujio pencipta kartun Doraemon pun memiliki kebiasaan unik yaitu beliau tidak bisa berfikir kreatif kalau kamarnya tidak berantakan namun dari itu semualah tercipta pemikiran-pemikiran luar biasa mengenai teknologi dan alat-alat canggih yang aneh, unik namun sangat berguna bagi kelangsungan hidup manusia yang pastinya selalu didambakan agar alat-alat itu benar-benar ada dikehidupan nyata, kartun ini juga yang menjadi salah satu inspirasi bagi ilmuwan-ilmuwan dunia untuk mewujudkan alat-alat tersebut ke dunia nyata

Nah bekat usaha dari para ilmuwan dunia ada beberapa alat-alat canggih doraemon yang sudah diwujudkan, yang mempunyai kemiripan dengan alat-alat dari Doraemon, berikut daftarnya
1. Baling-baling bambu




Alat yang sering digunakan oleh Doraemon dan teman”nya ini berupa kitiran yang bisa dipasang dibagian tubuh manapun yang membuat pemakainya bisa terbang bebas. Mirip dengan alat ini para ilmuwan menciptakan alat yang bernama jetpack dan copterpack yang bisa menerbangkan penggunanya, alat ini semakin terkenal karena diwujudkan didalam game GTA. Namun alat ini masih banyak kekurangan untuk bisa digunakan dalam kehidupan sehari-hari, selain tidak praktis, alat ini hanya bisa bertahan beberapa menit saja. Mungkin beberapa tahun kedepan akan bisa terus dikembangkan sehingga bisa digunakan sehari-hari dan pasti sangat berguna bagi kehidupan manusia terutama untuk menghindari kemacetan dijalan raya.
2. Konyaku Penerjemah


Alat ini berbentuk makanan dimana jika dimakan kita bisa berbahasa dan mengerti bahasa apapun termasuk bahasa dari bangsa lain, doraemon memakainya untuk berbicara dengan bangsa asing seperti hewan, tumbuhan dan alien yang tentunya tidak bisa berbahasa jepang, dengan memakan konyaku ini doraemon bisa mengerti apa yang dibicarakan oleh bangsa asing dan bisa berbicara bahasa asing sekaligus, hebat sekali kan, bayangkan jika ada alat ini di kehidupan nyata pasti sangat berguna sekali. Untuk translator kita pasti sudah mengenal banyak situs translator seperti di google dan yahoo, kemudian software dan alat translator juga telah berkembang dipasaran. Selain itu di Jepang dan Amerika Serikat telah mengembangkan gadget penerjemah bahasa anjing bernama bow lingual, sehingga si pemilik tidak perlu bingung akan kemauan si anjing.
3. Alat Perekam Mimpi




Alat ini pernah digunakan oleh Nobita untuk melihat mimpi-mimpi teman-temannya dan memasuki mimpi orang lain. Ilmuwan amerika Dr Jack Gallant dari University of California at Berkeley, mengatakan: “Our results suggest that it may soon be possible to reconstruct a picture of a person’s visual experience from measurements of brain activity alone. Imagine a general brain-reading device that could reconstruct a picture of a person’s visual experience at any moment in time.”

kira kira artinya “dari hasil percobaan kami memperkirakan bahwa dalam waktu dekat akan dimungkinkan untuk merekonstruksi pengalaman visual dari sesorang dari aktvitas otaknya saja” Sehingga Alat ini bisa menggambarkan secara visual mimpi seseorang dan apa yang sedang difikirkannya. Namun alat ini belum dipasarkan, masih menunggu beberapa riset untuk menyempurnakannya.
4. Printer 3 Dimensi


Nobita seringkali iri dengan Suneo karena Suneo sering memiliki mainan mahal karena memang ia dilahirkan dikeluarga kaya raya, akhirnya Nobita pun meminta mainan-mainan itu kepada Doraemon, akhirnya muncullah suatu alat yang hanya dengan memasukkan model gambarnya saja akan muncul bentuk aslinya atau bentuk 3Dimensinya. Nah kalau sekarang sudah ada Printer 3 Dimensi (3D Printer) yang sering dipakai untuk membantu dalam produksinya dari acuan perangkat komputer. Dimasa yang akan datang tentunya prosesnya akan semakin canggih dan mudah sehingga lebih mudah dalam menghasilkan alat baru. Luar biasa kan alat-alat canggih Doraemon yang sudah dikembangkan menjadi nyata, Andai Doraemon itu ada ? Apa nih alat yang mau dipinjem ? mungkin banyak orang menjawab Pintu kemana saja, karena bisa kemana saja dengan gratis hehe.
Beberapa alat-alat Doraemon yang sudah ada dikehidupan nyata, tentunya akan membuat kita lebih bersemangat untuk berkarya. Menemukan inspirasi bisa darimana saja, bahkan dari kartun yang selama ini kita tonton dan hanya kita kagumi saja alat-alat canggihnya, sekarang giliran kita untuk menciptakan alat-alat canggih tersebut. Kita memiliki dua tangan ajaib dan 1 otak super yang mempunyai kekuatan melebihi kantong ajaib yang dimiliki Doraemon jika kita mau menggunakannya untuk menciptakan suatu teknologi canggih yang bisa mengubah Dunia, bisa memudahkan kehidupan manusia dan tentunya membanggakan orang-orang yang kita cintai. Jangan malu untuk berkarya, gunakan tangan ajaib dan otak super mu untuk menciptakan sesuatu :D
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar