Selasa, 03 Februari 2015

Banyak orang yang semula benci Fisika menjadi suka dan cinta setelah membaca Artikel ini





Di zaman yang modern ini, zaman yang dihiasi semangat para pemuda penerus bangsa untuk memajukan bangsa Indonesia. Kalian tentu tidak asing dengan kata Fisika, pasti yang ada dalam pikiran kalian adalah suatu pelajaran atau ilmu sains yang rumit berisi banyak rumus dan soal-soal yang sulit. Selain itu pasti kalian pernah berfikir rumus-rumus ini berguna untuk apa dan sampai sekarang (sudah dewasa) saya tidak pernah memakainya dalam kehidupan sehari-hari, iya kan ?? Nah karena masalah Anda ini mungkin Anda belum pernah paham apa itu fisika dan apa kegunaannya, dan bahkan digunakan dalam pekerjaan apa. Menulis kata fisika di kotak pencarian google dot com mungkin Cuma karena ada tugas pelajaran fisika, coba ketik manfaat, kegunaan dan bidang pekerjaan yang berhubungan dengan fisika, bukan hanya jadi guru Fisika loh gaes. Kalau begitu akan saya jelaskan nih sedikit pengetahuan tentang Fisika.
Fisika adalah ilmu alam yang mempelajari fenomena-fenomena fisik yang terjadi di alam, segala hal yang terjadi disekitar kita,dan segala aktivitas kita. Fisika juga disebut mother of science atau Ibu dari segala ilmu karena fisika merupakan ilmu dasar yang mencakup atau keberadaannya digunakan dalam ilmu apapun. Nah apa sih gunanya rumus-rumus itu ??
tentu kalian harus berterimakasih pada ilmuwan-ilmuwan yang telah berjasa dalam menciptakan suatu alat atau eksperimen yang sangat berguna untuk kita. Rumus-rumus ini digunakan sebagai dasar untuk menguji ke akuratan suatu eksperimen bahkan dalam menciptakan alat sehingga alat itu bisa digunakan dengan mudah oleh orang lain. Misalnya listrik nih, bayangkan hidup kita tanpa listrik ? :D kayak zaman batu ya, para ilmuwan zaman dahulu melakukan berbagai eksperimen untuk mengembangkan listrik dan menciptakan suatu rumus berdasarkan eksperimennya sehingga ilmuwan zaman sekarang bisa mengembangkan rumus itu untuk menciptakan alat-alat yang berguna bagi kehidupan kita. Wah agak rumit ya, tapi mungkin kalian akan mengerti kapan digunakannya rumus-rumus itu jika kalian ingin membuat suatu penelitian, eksperimen ataupun menciptakan alat inovasi baru, jadi ilmuwan yang bisa membawa nama baik Indonesia. Sekarang membahasi bidang pekerjaannya nih, di tempat perkuliahan saya ada konsentrasi di jurusan fisika murni itu. Pertama geofisika yang mempelajari tentang batuan, tanah dan kejadian alam didalamnya biasanya bekerja di perusahaan minyak atau pertambangan dibagian input datanya. Kedua Fisika Material yang mempelajari material-material atau bahan untuk penelitian yang terkenal seperti nanomaterial, biasanya berhubungan banyak dengan bahan kimia cocok untuk yang suka meneliti biasanya bekerja sebagai peneliti di LIPI, NASA, dll. Ketiga, Fisika Radiasi yang mempelajari radiasi-radiasi seperti nuklir, biasanya bekerja di BATAN, BAPETEN. Keempat Fisika Medik lebih dekat dengan medis seperti namanya, biasanya bekerja sebagai radiolog, mengatur alat supaya steril dan dosis-dosisnya agar pas sebelum digunakan oleh dokter. Kelima ada ELINS (Elektronika dan Instrumentasi) buat yang suka dan ingin mendalami tentang elektronika serta instrumen-instrumennya seperti mikrokontroller yang digunakan dalam lampu lalulintas, bisa otomatis untuk berganti warna kan. Nah itu sedikit penjelasan tentang pekerjaan untuk jurusan Fisika, gimana ? asik kan fisika :D jadi lebih tau banyak kan tentang fisika itu, jadi gausah takut lagi sama fisika, kalau kalian tekuni akan dapat banyak manfaatnya.
Sebenarnya ilmuwan di Indonesia itu banyak sekali, namun karena kurangnya
apresiasi atau dukungan dari pemerintah, buktinya di berita televisi pun jarang sekali kita temui ilmuwan-ilmuwan terkenal dari Indonesia, mungkin disiarkan hanya beberapa kali tentang anak-anak muda yang berhasil membanggakan Indonesia diluar negeri dibidang sains, namun setelah itu tidak ada tindaklanjutnya padahal di luar negeri ilmuwan sangat dihargai sehingga banyak ilmuwan Indonesia yang merasa nyaman disana, banyak yang mendapat beasiswa hidup disana. Namun banyak juga ilmuwan Indonesia yang mengabdikan dirinya untuk Indonesia sebagai guru atau dosen yang memberikan banyak pengalaman dan ilmunya agar kita bisa membuat suatu penelitian, eksperimen, dan berbagai inovasi demi kemajuan bangsa Indonesia. Sebagai generasi penerus bangsa, kita memegang tanggungjawab besar untuk kemajuan bangsa Indonesia kedepannya, maka dari itu kita harus menjadi warga negara yang baik, temukan bakat dalam dirimu, teruslah mencari dan mencoba hal baru, tekuni dan amalkan demi kemajuan bangsa Indonesia.
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar